Senin, 05 November 2012

BAB IV
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KHITAN
LAKI-LAKI PADA PENDIDIKAN ANAK
Anak adalah amanat Allah SWT. pada orang tua untuk dapat dijaga,
diarahkan, dididik dan dibimbing agar menjadi anak yang bertaqwa kepada-Nya.
Pendidikan yang diperoleh anak dari orang tuanya menjadi dasar dari pembinaan
kepribadiannya. Anak menganggap orang tua segala-galanya sehingga anak
mempunyai dorongan yang kuat untuk meniru tingkah laku, cara berbuat dan cara
berbicara orang tua. Pengaruh orang tua pada anak dimulai sejak kecil sampai
dewasa dan pendidikannya.
Anak sebagai tanggung jawab orang tua dihadapan Allah SWT. harus
dididik dan dirawat sebaik-baiknya, baik sebelum lahir maupun setelah lahir
kedunia. Hatinya yang bersih merupakan permata yang berharga, lugu dan bebas
dari segala macam ukiran dan gambaran. Ukiran berupa pembiasaan berbuat baik
akan tumbuh subur sehingga ia akan meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat.1
Pendidikan awal yang diberikan kepada anak akan menentukan proses pendidikan
selanjutnya. Sehingga anak harus dibimbing dan dididik berdasarkan sistem
pendidikan Islam yang sesuai dengan fitrahnya.
Pendidikan merupakan kebutuhan manusia dari satu generasi untuk
disampaikan ke generasi berikutnya. Orang tua dalam mendidik anak supaya
dapat mencapai tujuan pendidikan, tentu harus ada upaya lahiriyah sedini
mungkin untuk membentuk anak-anak yang beriman dan berakhlak mulia.
Menurut M. Athiyah Al Abrasyi pendidikan yang terbaik adalah apa yang
diberikan diwaktu kecil. Bila anak dibiarkan tumbuh menurut tabiatnya atau
sifatnya sendiri maka ia akan terbiasa dan akan sukar mengubah jika sudah besar.2
1Muhammad Ali Quthb, “Auladana Fi Dlau-It Tarbiyyatil Islamiyyah “, Penerj. Bahrun
Abu Bakar Ihsan, Sang Anak Dalam Naungan Pendidikan Islam, Terj. Bahrun Abu Bakar Ihsan,
(Bandung: CV. Diponegoro, 1993), hlm. 58.
2M. Athiyah Al Abrasyi,”At- Tarbiyyatul Islamiyyah”, Penerj. H. Bustami A. Ghani dan
Johar Bahry LIS, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 1974), Cet. II,
hlm. 36.
57
Masa anak-anak merupakan sebuah periode penaburan benih, pendirian
tiang pancang, pembuatan pondasi, yang disebut juga periode pembentukan watak
dan kepribadiannya. Mereka adalah aset, fundamen masyarakat dan generasi
penerus yang akan melanjutkan kiprah insan di dunia yang nyata ini.3 Oleh karena
itu kedua orang tua dan para pendidik anak dituntut untuk dapat memenuhi
kebutuhan anak-anak agar mereka terpelihara serta dapat menerapkan semua
petunjuk dan pedoman yang diberikan kepada mereka untuk bekal kehidupan di
akhirat.
Periode anak adalah masa yang mendasar dan paling setrategis untuk
menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam. Para pendidik khususnya orang tua
dituntut untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anaknya.
Pendidikan yang diterima anak dari orang tua menjadi dasar pembinaan
kepribadian anak. Pendidikan anak dapat di rintis sejak kecil sampai dewasa.
Di sinilah pentingnya mendidik anak itu dimulai sejak dini, karena
perkembangan jiwa anak telah mulai tumbuh sejak kecil sesuai dengan fitrahnya.
Dengan demikian fitrah manusia itu harus dibimbing, diarahkan dan disalurkan
sesuai dengan arahnya. Orang tua mempunyai pengaruh yang besar terhadap
perkembangan anak. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW.
عن أَبِي ه ريرةَ: أن ه كان يقولَ : قَالَ ر سولُ الله ص لٌي الله ع لَيهِ و س لٌم :
ما من مولُودٍ إلا ي ولَد ع لى ا ْلفِطْ رةِ فَ أبواه ي هوِدانِ هِ أَو ينصِ رانِهِ أَو
يمجِسانِهِ (رواه المسلم) 4
Dari Abu Hurairah r.a. berkata : bahwasanya Rasulullah SAW
bersabda : “Tidaklah seseorang yang dilahirkan kecuali dalam
keadaan fitrah (suci dari kesalahan dan dosa), maka orang
tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani, dan Majusi.
(HR. Muslim).
3Abdur Razaq Husain, “Al-Islam Wa Al-Thiful”, Penerj. Lukman Hakim, Hak Anak
Dalam Islam, (Bandung: Penerbit Pustaka, 2001), Cet. I, hlm. 45.
4Imam Abi Husain bin Hajjaj Qusairi An Naisaburi, Sahih Muslim, Juz.IV, (Beirut : Dar
Al-Fikr, tt ), hlm. 2047.
58
Melihat Hadits di atas, dapat diambil suatu pengertian bahwa anak
dilahirkan dalam keadaan fitrah dan perkembangan selanjutnya tergantung pada
orang tua sebagai pendidik. Orang tua memiliki peranan strategis bagi kehidupan
anak, apakah mau menjadikan Yahudi, Nasrani maupun Majusi.
Khitan merupakn syariat Nabi Ibrahim AS kemudian diikuti Nabi
Muhammad saw dan umatnya. Didalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan yang
dapat diterapkan pada pendidikan anak. Pada usia anak-anak inilah khitan
memiliki peranan yang penting karena menyangkut beberapa hal yang berkaitan
dengan pendidikan anak antara lain sebagai usaha menanamkan nilai-nilai Akidah
Islamiah, menanamkan kebiasaan hidup bersih, menanamkan tangung jawab
ibadah dan menanamkan pendidikan seks pada anak.
Maka dapat ditekankan bahwa pembentukan kepribadian anak yang
shaleh dimulai sejak kecil, yaitu dengan pelaksanaan khitan sebagamana yang
disyariatkan Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad serta umatnya. Tujuan utama
diperintahkan khitan adalah untuk melaksanakan kewajiban dalam syari’at agama
seperti shalat.
Dengan demikian khitan merupakan suatu proses menanamkan nilainilai
pendidikan pada anak sebagai bukti keimanannya kepada Allah SWT.
Kepasrahan seorang anak melaksanakan perintah Allah SWT pada usia dini
merupakan pendidikan yang sangat penting bagi kehidupannya. Jadi khitan
mengenalkan kepada anak secara konkret arti pengabdian kepada sang pencipta,
yaitu Allah SWT.
Pada periode ini anak tidak hanya diperkenalkan hanya diperkenalkan
sebatas teori belaka melainkan sudah diberikan penanaman kebiasaan- kebiasaan
menuju kepribadian yang shaleh. Dalam khitan terdapat nilai-nilai yang dapat
diterapkan pada periode tersebut. Penerapan nilai-nilai tersebut antara lain :
A. Menanamkan Nilai-Nilai Akidah Pada Anak
Aqidah Islamiyah perlu ditanamkan pada anak karena menjadi pondasi
dasar untuk menjadi manusia pada masa ini anak sudah dididik dengan
59
pemantapan-pemantapan tentang aqidah. Dengan demikian pendidikan Aqidah
Islamiyah termasuk aspek-aspek pendidikan yang patut mendapatkan perhatian
pertama dan utama dari orang tua.
Menanamkan aqidah kepada anak merupakan sebuah keharusan yang
tidak boleh ditinggalkan dan terdapat lima pola dasar pembinaan iman (Aqidah)
yang harus diberikan pada anak, yaitu membacakan kalimat tauhid pada anak,
menanamkan kecintaan kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, mengajarkan Al-
Qur'an dan menanamkan nilai-nilai perjuangan dan pengorbanan.
Khitan merupakan sarana orang tua untuk mengenalkan dua kalimat
syahadat pada anak. Dalam masyarakat Indonesia upacara khitan biasanya
dibarengi dengan pengucapan syahadatain. Pengucapan ikrar syahadatain pada
anak yang dikhitan, tentu akan membawa suasana yang lebih sakral. Apalagi jika
diisi dengan ceramah yang materinya mengarah pada makna syahadatain dan
kewajiban anak pasca khitan. Jadi dalam upacara khitan terdapat acara yang dapat
memantapkan aqidah anak dengan pengucapan syahadatain.
Khitan menjadi sunnah Nabi Muhammad SAW. yang harus
dilaksanakan umatnya. Dengan khitan anak telah melaksanakan sunnah
Rasulullah SAW. melaksanakan sunnah Rasul merupakan bagian dari kecintaan
umat kepada Nabinya. Anak yang dikhitan akan lebih dekat kepada Allah SWT.,
dan Nabi Muhammad SAW. sebagai utusan-Nya. Secara tidak langsung anak
yang dikhitan telah ditanamkan hidupnya nilai-nilai aqidah yang hakiki yaitu
mengakui Allah sebagai Tuhannya dan Muhammad saw sebagai utusanNya.
Ada semacam paradigma pendidikan yang berkembang dikalangan
masyarakat muslim indonesia bahwa “anak yang sudah mengaji Al-Qur'an adalah
anak yang sudah yang sudah di khitan, sebab Al-Qur'an sebagai kitab suci hanya
oleh dipelajari anak-anak yang sudah dikhitan”.5 Anggapan seperti itu menjadi
pendidikan bagi anak bahwa anak yang sudah dikhitan akan serius mempelajari
Al-Qur'an sebagai tuntunan dalam hidupnya.
5Jalaluddin, Mempersiapkan Anak Shaleh: Telaah Pendidikan Terhadap Sunnah
Rasulullah Saw, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000), Cet. III, hlm. 95.
60
Khitan menjadi sarana bagi anak agar lebih giat dalam mempelajari Al-
Qur'an. Dia merasa dirinya sudah suci dari najis karena memegang Al-Qur'an
harus suci dari hadats dan najis. Dalam diri anak akan merasa punya kewajiban
mempelajari Al-Qur’an sebagai kitab suci dan pedoman dalam hidupnya.
Khitan mengajarkan anak berani menegakkan kebenaran demi agama.
Sebagaimana ibadah-ibadah lainnya, inti dari khitan adalah iman. Dengan kata
lain khitan merupakan institusi atau perwujudan dari iman. 6 Tanpa iman anak
tidak mungkin mau memotong kulitnya dan meneteskan darah. Jadi secara tidak
langsung khitan menanamkan nilai-nilai keimanan pada anak, yaitu dengan
menjalankan perintah Allah SWT dengan memotong kulupnya.
Menanamakan nilai-nilai keimanan pada anak merupakan landasan
pokok bagi kehidupan yang sesuai fitrahnya, karena manusia mempunyai sifat
dan kecenderungan untuk mengalami dan mempercayai adanya Tuhan. Oleh
karena itu penanaman nilia- nilai keimanan pada anak harus diperhatikan dan
tidak boleh dilupakan bagi orang tua sebagai pendidik.
Menanamkan keimanan pada anak yang masih kecil, dapat
mengenalkannya pada Tuhannya, bagaimana ia bersikap pada Tuhannya dan apa
yang mesti ia perbuat di dunia ini. Dengan pelaksanaan khitan, orang tua telah
menanamkan nilai-nilai keimanan pada anak, karena di dalam khitan terdapat nilai
pendidikan keimanan yang harus diberikan pada anak. Sebagaimana Rasulullah
SAW. mengkhitankan cucunya Hasan dan Husain pada usia bayi, yakni baru
berusia tujuh hari dari kelahirannya.
Oleh karena itu, pendidikan keimanan harus dijadikan sebagai salah satu
pokok dari pendidikan kesalehan anak. Dengannya dapat diharapkan bahwa kelak
ia akan tumbuh dewasa menjadi insan yang beriman kepada Allah SWT.,
melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Dengan
keimanan yang sejati bisa membentengi dirinya dari berbuat dan kebiasaan buruk.
6Ahmad Ma’ruf Asrori dan Suhaeri Ismail,Khitan dan Aqiqah: Upaya Pembentukan
Generasi Qur’ani,(Surabaya: Al Miftah, 1998), Cet. II, hlm. 87.
61
Nilai-nilai keimanan dapat ditanamkan orang tua sejak dini. Khitan
merupakan contoh konkret pendidikan keimanan yang dapat ditanamkan pada
anak. Tanpa dasar iman yang kuat, anak tidak mau memotong kulit bahkan
meneteskan darah. Dengan khitan tanpa disadari orang tua telah menerapkan
pendidikan pada anak.
Jadi dalam khitan secara tidak langsung terdapat nilai keimanan yang
dapat dijadikan orang tua dalam mendidik anak. Nilai inilah yang bisa
mendekatkan anak kepada Allah SWT. supaya dia mengenal Islam sebagai
agamanya. Sifat pendidikan keimanan yang terdapat dalam khitan belum bisa
dirasakan secara langsung, maka orang tuanyalah yang harus menerapkan dan
mengajari anak akan pentingnya keimanan. Orang tua harus memberikan
pendidikan ini tahap demi tahap dan terus menerus sampai anak tumbuh dewasa
dan memiliki rasa keimanan yang mantap agar tidak goyah dalam kehidupan ini.
Pendidikan ini yang akan membawanya menjadi anak shaleh sebagai dambaan
orang tua di akhirat.
B. Menanamkan Kebiasaan Hidup Sehat
Hidup sehat sangat erat kaitannya dengan kebiasaan orang sejak kecil,
maka sampai dewasa akan terbiasa dengan hal tersebut. Islam telah memberikan
perhatian pada kesehatan umat manusia umumnya dan kesehatan anak khususnya.
Begitu besar perhatian ajaran Islam terhadap pembinaan ajaran dengan banyak sisi
yang dibahas oleh Islam. Sebagaimana Islam telah menjelaskan secara luas makna
kesehatan itu sendiri.
Dalam rangka melindungi kesehatan dan pertumbuhan anak, syariat
Islam mengajak kepada pemeluknya untuk mengadakan sejumlah kegiatan yang
diperkirakan mampu melindungi, menjaga dan menjamin kesehatan anak dari
berbagai penyakit. Syariat Islam mengajak kepada kebersihan, maka tidak aneh
62
bila menghilangkan kotoran dan penyakit dari anak itu suatu kewajiban. Sebagai
contoh anjuran Islam dalam kesehatan adalah berkhitan.7
Khitan dipandang kaum muslimin sebagai syarat aturan kebersihan.8
Faedahnya untuk kebersihan alat kelamin, agar mudah dibersihkan dari sisa-sisa
air seni. Orang yang tidak dikhitan tidak mungkin bisa bersih, maka dalam Islam
khitan sebagai solusi agar manusia terhindar dari air kencing yang bisa
mengganggu ibadahnya.
Khitan membiasakan anak hidup bersih, karena kebersihan dimulai dari
dirinya sendiri. Dalam khitan tanpa disadari mengandung nilai kesehatan yaitu
Qulfah (penutup kepala penis), apabila tidak dipotong akan sulit dibersihkan
ketika buang air kecil. Dengan memotong qulfah anak dididik untuk terbiasa
dengan kebersihan sejak kecil, yaitu dengan memotong qulfah maka sisa air
kencing akan mudaah dibersihkan.
Begitu besar manfaat khitan bagi anak, sehingga di dalamnya
mengandung nilai–nilai kesehatan yang dapat membiasakan anak hidup bersih.
Anak yang tidak khitan akan merasa takut dengan penyakit yang ditimbulkan bagi
yang tidak khitan. Khitan membiasakan anak hidup bersih, karena kebersihan
dimulai dari dirinya sendiri kemudian lingkungan tempat tinggalnya. Dengan
kebiasaan hidup bersih berarti anak akan merasakan hidup sehat jasmani dan
rohaaani.
Membersihkan kotoran-kotoran pada alat kelamin tidak cukup hanya
mencuci saja setelah buang air kecil. Tetapi yang paling sempurna adalah
mengkhitan kulup yang menutup alat kelamin.9 Kulup yang tidak dipotong akan
sulit dibersihkan setelah kecing. Anak yang tidak dikhitan tidak akan terbiasa
dengan kebersihan diri sendiri. Jadi khitan membiasakan anak terbiasa dengan
7Abu Hadian Syafiarrahman, Hak-hak Anak Dalam Syariat Islam (Dari Janin Hingga
Pasca Kelahiran), (Yogyakarta: Al-Manar, 2003), Cet I, hlm. 75.
8R. H. Su’dan, Al Quran Dan Panduan Kesehatan Masyarakat, (Yogyakarta: PT. Dana
Bakti Pruma Yasa, 1997), hlm, 83.
9Ibid., hlm. 83.
63
kebersihan diri bahkan lingkungan tempat tinggalnya. Kebiasaan hidup bersih
akan membawa anak hidup sehat karena kesehatan dimulai dari bagian terkecil.
Kesehatan dibutuhkan setiap orang, dengan kesehatan aktifitas
keagamaan dan dunia dapat dikerjakan dengan baik. Orang bekerja butuh tubuh
yang sehat, begitu juga dalam melaksanakan ibadah pada Allah SWT. Semua
aktifitas didunia memerlukan kesehatan jasmani maupun rohani. Dengan khitan
anak dididik untuk hidup yang bersih sedang hidup bersih adalah jalan menuju
hidup yang sehat.
Kebiasaan hidup sehat harus diberikan pada anak ketika masih kecil.
Khitan mengajarkan pada anak terbiasa dengan kebersihan sejak kecil. Bagi
kehidupan manusia, kesehatan jelas sangat penting terlebih bagi fisik (lahiriyah)
semata, tetapi yang utama adalah kesehatan hati dan akal. Kesehatan diperlukan
orang untuk ibadah dan mendekatkan diri pada Allah SWT. Dengan demikian
tanpa tubuh sehat tidak akan bisa menjalankan ibadah dan dia akan merasa berat.
Mengingat pentingnya kesehatan bagi umat Islam apalagi dalam era
modern seperti sekarang ini banyak sekali penyakit baru yang bermunculan. Maka
sangat perlu bagi orang tua muslim untuk lebih memperhatikan anak-anaknya
dengan memasukkan pendidikan kesehatan sebagai unsur pokok. Khitan sebagai
syariat Islam menjadi sarana orang tua menanamkan kebiasaan hidup sehat.
Ajaran Islam sangat memperhatikan tentang kebersihan dan kerapian
umat. Setiap anak harus diajarkan hidup yang bersih, karena Allah SWT
menyukai orang-orang yang bersih. Firman Allah dalam Al Qur’an Surat Al
Baqarah ayat 222:
( ان الله يحب التوبين ويحب المتطهرين (البقراه : 222
Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan
menyukai orang-orang yang bersih. (QS. Al Baqarah: 222).10
10RHA. Soenarjo, et. al, Al-Qur’an dan terjemahnya, (Semarang : Al Wa’ah,1993), hlm.
54.
64
Dengan demikian Islam menganjurkan agar orang tua menjaga
kesehatan anak dimulai sejak dini atau anak masih bayi, karena membiasakan
hidup bersih dan sehat dapat dibiasakan sejak kecil. Maka mulailah membangun
hidup sehat dan bersih sejak anak dilahirkan dan terus dididik hingga menjadi
kebiasaan dalam hidupnya. Begitu juga khitan mengajarkan anak hidup bersih
sejak kecil.
Khitan mendidik anak hidup bersih, karena kebersihan dimulai dari diri
sendiri. Kulup merupakan kulit yang menghalangi kepala penis untuk dibersihkan
dengan air. Anak yang dikhitan akan mudah membersihkan sisa-sisa air kencing.
Dengan khitan anak ditanamkan hidup bersih mulai dari kecil, karena kebersihan
menjadi awal dari kesehatannya.
Kebiasaan hidup bersih dan sehat perlu ditanamkan pada anak sejak dini.
Khitan menjadi solusi pendidikan awal bagi kesehatan anak. Kebiasaan yang baik
akan terbiasa dikerjakannya sampai dewasa. Jadi khitan memiliki nilai-nilai
kesehatan yang dapat diterapkan dalam pendidikan anak, yaitu membiasaksn anak
membersihkan sisa air kencing yang menempel di penis.
C. Menanamkan Tanggungjawab beribadah
Pada masa baligh ini anak mulai ditanamkan kebiasaan-kebiasaan
beribadah seperti shalat. Rasulullah SAW. memberikan tauladan pada umatnya
tentang pendidikan ibadah. Beliau mengajarkan anak yang berusia tujuh tahun
harus sudah dilatih shalat dan ketika berusia sepuluh tahun mulai disiplin
shalatnya sabda Nabi SAW.
عن عمروبن شعيب عن ابيه عن جده قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:
مروا اولا دكم بالصلاة وهم ابناء سبع سنين و اضربوهم عليها وهم ابناء عشر
وفرقوا بينهم فى المضاجع (رواه ابو داود) 11
Dari Umar bin Syuaib dari bapaknya dari kakeknya dia berkata :
Rasulullah SAW bersabda : “Suruhlah anak-anak kalian berlatih shalat
sejak mereka berusia 7 tahun dan pukullah mereka jika meninggalkan
11Abi Dawud, Sunan Abi Dawud, Jilid I, (Baerut, Dar Al Fikr, t.t), hlm. 133.
65
shalat pada usia 10 tahun dan pisahkanlah tempat tidur mereka (sejak
usia 10 tahun)”. (HR. abu dawud).
Dari hadits tersebut maka orang tua waajib menanamkan tanggung
jawwab ibadah pada anak sejak kecil. Khitan sebagai syarat sahnya shalat menjadi
amat penting karena dengan memberikan penjelasan keutamaan tentang ibadahibadah
yang diterima Allah SWT adalah suci dari hadas dan najis. Khitan adalah
sarana membersihkan najis yang masih menempel pada penis, tanpa khitan akan
sulit membersihan sisa-sisa air kencing karena masih tertutup kulup.
Ibadah merupakan bukti nyata bagi seorang muslim dalam menyakini
dan mempedomani aqidah islamiyah. Sejak dini anak-anak harus diperkenalkan
pendidikan ibadah dengan cara : mengajak anak-anak ke tempat ibadah,
memperlihatkan bentuk-bentuk ibadah dan memperkenalkan arti ibadah pada
anak.
Satu hal yang diwajibkan syara’ pada anak berusia baligh adalah
menunaikan shalat lima waktu sehari semalam. Sedangkan khitan termasuk
prasyarat mutlak bagi sahnya shalat. Ketika anak mengijak usia baligh, maka ia
berkewajiban menjalani khitan agar kewajiban shalatnya dapat ditunaikan dengan
baik dan benar.12
Apabila anak telah menginjak usia baligh, secara syar’i dirinya sudah
dianggap sebagai seorang mukallaf. Dimana anak sudah bertanggung jawab
sendiri terhadap apa yang diperbuatnya sebagaimana yang disyariatkan agama.
Demikian juga apa yang disunahkan dan diharamkan oleh syariat. Jadi khitan
akan menanamkan tangung jawab pada anak sebagai seorang mukallaf.
Secara syar’i anak yang menginjak usia baligh, ia berkewajiban
melaksanakan shalat dan kewajiban lain yang disyariatkan agama. Khitan
menanamkan pada anak akan tanggungjawabnya, sebagai seorang mukallaf. Anak
yang yang dikhitan akan merasa dirinya sudah besar dan kewajiban ibadah harus
dilaksanakan dengan sempurna.
12M. Nipan Abdul Halim, Mendidik keshalehan anak (Aqiqah, pemberian nama, khitan
dan maknanya), (Jakarta: Pustaka Amani, 2001), Cet. I, hlm. 119.
66
Menanamkan tangung jawab ibadah pada anak akan membiasakannya
melaksanakan kewajiban. Sedang bagi orang tua bisa memberi contoh baik bagi
anak-anak mereka. Pendidikan yang diberikan Luqman pada anak-anaknya
merupakan contoh baik bagi orang tua. Luqman menyuruh anak-anaknya
melaksankan shalat ketika mereka masih kecil.
Dengan khitan diharapkan anak lebih bertanggung jawab pada agama
dan diharapkan menjadi anak shaleh. Khitan merupakan sarana yang strategis
menanamkan tanggung jawab syar’i pada anak. Tanggung jawab ini yang
diharapkan orang tua dalam mendidik anak bisa dilaksanakannya.
Dengan adanya makna pendidikan ibadah pada anak dari praktek khitan,
maka orang tua harus cepat mengkhitankan anak. Khitan yang dilakukan anak
akan memberikan pembinaan kepadanya agar lebih bertanggung jawab terhadap
apa yang disyariatkan agama, yakni shalat.
Sehingga dapat dilihat jelas bahwa khitan merupakan bentuk tanggung
jawab ibadah bagi anak. Khitan mengajarkan anak-anak ibadah, khususnya shalat.
Anak yang sudah dikhitan otomatis memiliki kewajiban dalam syariat Islam.
Anak akan memiliki tanggung jawab menjalankan perintah agama.
Pendidikan ibadah merupakan salah satu aspek pendidikan Islam yang
perlu diperhatikan. Semua ibadah dalam Islam bertujuan membawa manusia
supaya selalu ingat kepada Allah SWT. oleh karena itu ibadah merupakan tujuan
hidup manusia diciptakan-Nya dimuka bumi. Allah SWT. berfirman dalam surat
Adz Dzariyat ayat 56:
( وما خلقت الجن والإ نس الا ليعبدون (الذ ريات : 56
Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya
menyembahKu. ( QS. Adz Dzaariyat: 56 )13
Dalam khitan ternyata ada nilai-nilai pendidikan yang dapat diterapkan
pada pendidikan anak. Dalam kaitannya dalam ibadah khitan diperlukan dalam
melaksanakannya, karena kesempurnaan ibadah mensyaratkan kesucian. Secara
13R H A. Soenarjo, et. al, op. cit., hlm.. 862.
67
lahiriyyah ibadah (shalat) memerlukan kebersihan rohani maupun jasmani. Hal ini
tidak dapat dilakukan manakala anak belum dikhitan, karena pada kemaluan akan
masih terdapat sisa kotoran air seni yang tertutup Qulfah.
Dengan khitan orang tua telah menanamkan tanggung jawab ibadah pada
anak. Pendidikan ibadah yang benar-benar Islamiyyah mesti dijadikan salah satu
pokok pendidikan anak. Orang tua berharap kelak anak akan tumbuh menjadi
insan yang tekun beribadah secara benar sesuai ajaran Islam.
D. Menanamkan Pendidikan Seks
Bila kita pahami tentang ajaran Islam yang berkaitan dengan pendidikan
seks, yaitu terdapat dalam ajaran khitan. Tanpa kita sadari bahwa khitan bisa
menghindarkan anak melakukan onani. Kulup pada kelamin mengandung lendirlendir
yang bisa merangsang syaraf dzakar yang mengakibatkan anak menggaruknggaruk
penis dan mempermainkannya.14
Dari sudut psikologis, anak yang dikhitan akan merasa dirinya sudah
muslim dan merasa besar, tentu dia merasa malu bila auratnya kelihatan. Anak
akan menjaga auratnya agar tidak terlihat orang lain apalagi melihat aurat orang.
Dengan khitan nilai-nilai pendidikan seks bisa ditanamkan pada anak sejak dini.
Rasulullah SAW memberikan suatu larangan agar setiap orang menjaga
matanya terhadap hal-hal yang dapat mengundang nafsu syahwat dalam dirinya.
Maka beliau memberikan anjuran kepada setiap orang muslim untuk menutup
aurat sehingga tidak mengundang nafsu syahwat. Hal ini dikarenakan aurat
merupakan bagian dari tubuh yang harus dijaga dari pandangan orang
Anak yang mencapai aqil baligh akan memahami persoalan-persoalan
hidup, termasuk tahu bagaimana bergaul dengan lawan jenis. Pendidikan seks
dimaksudkan agar ia mengetahui tentang seks dan bahayanya jika menuruti hawa
nafsu.
Satu lagi pendidikan seks yang diteladankan oleh Rasulullah SAW pada
umatnya adalah pemisahan tempat tidur antara anak laki-laki dan perempuan
14Muhammad Ali Qutb, op. cit., hlm. 44.
68
karena berdampak pada perkembangan psikologi. Anak yang sudah besar perlu
ada pemisahan tempat tidur, karena bisa membahayakan bagi perkembangan
jiwanya, apalagi masa-masa pubertas bagi anak dimana anak mulai mengenal
seks. Sabda Nabi SAW.
.... وفرقوا بينهم فى المضاجع (رواه ابو داود) 15
".......Dan pisahkanlah tempat tidur mereka (sejak usia 10 tahun). (HR.
Abu Dawud).
Ajaran khitan menanamkan pada anak akan arti dewasa. Anak yang
dikhitan akan merasa dewasa, dan dia merasa malu bila bersama saudaranya
apalagi perempuan. Jadi khitan bisa menanamkan pada anak arti pentingnya seks
bagi anak.
Pada masa baligh khitan wajib dilakukan sebab pada masa itu anak
dituntut melaksanakan kewajibannya dalam syariat agama, yaitu ibadah. dengan
adanya khitan anak akan lebih konsentasi pada ibadah dan dorongan seksnya akan
berkurang.
Khitan menjadi penyeimbang antara nafsu binatang dengan tidak
bernafsu sama sekali, jika nafsu birahi melampaui batas, maka orang akan sama
dengan binatang sebaliknya jika tidak mempunyai nafsu tentu ia akan sama
dengan benda-benda mati. Khitan menempatkan pada posisi pertengahan.16
Khitan menanamkan pada anak bahwa hidup tidak hanya mengumbar hawa nafsu
saja.
Pendidikan seks diberikan pada anak sejak ia mengenal masalahmasalah
yang berkenaan dengan seks dan perkawinan. Sehingga ketika anak
tumbuh menjadi pemuda telah mengetahui mana yang baik dan tidak. Anak bisa
membedakan mana yang diperintahkan dan mana yang dilarang oleh agama, misal
melakukan zina.
15Abi Dawud, op. cit., hlm. 133.
16Ahmad Ma’ruf Asrori dan Suheri Ismail, op. cit., hlm. 99.
69
Dengan adanya khitan orang tua telah menanamkan pendidikan seks
pada anaknya. maka orang tua wajib menjadikan pendidikan seks sebagai pokokpokok
pendidikan anak. Itulah kandungan dalam khitan yang memiliki dimensi
nilai-nilai pada penanaman aqidah islamiyah dengan mengikuti aturan-aturan
syariah sehingga dari khitan ini anak akan termotivasi untuk melaksanakan ibadah
baik mahdhah maupun ghoiru mahdhah. Selain itu juga di dalam khitan terdapat
unsur kesehatan dan pendidikan seks yang dapat diterapkan pada pendidikan anak